Cara Menguji Kondisi Hardware Perangkat Android

Tuesday, April 14, 2015

Cara Menguji Kondisi Hardware Perangkat Android - Perangkat yang menggunakan sistem operasi buatan Google ini begitu diminati banyak orang sehingga penjualan perangkat ini pun selalu diserbu penggila gadget. Sebelum membelinya,terlebih lagi bila membeli second pastikan sobat melakukan serangkaian pengujian hardware untuk memastikan bahwa perangkat tersebut dalam kondisi baik



Pengujian hardware dimaksudkan untuk memperoleh informasi mengenai spesifikasi asli yang ada di dalamnya karena sekarang banyak sekali brand yang melakukan kecurangan dengan memalsukan spesifikasi yang dipakai. Selain itu, test hardware Android juga bisa dipakai untuk mengecek kerusakan perangkat terutama Anda yang membeli produk Second. Simak cara sederhana Test Hardware Android pada ulasan di bawah ini.

Menggunakan kode rahasia
Pengecekan menggunakan kode adalah salah satu cara termudah,karena hanya dengan memasukkan kode rahasia tersebut kita bisa mendapatkan informasi dan mendapatkan hasil pengujian pada hardware perangkat android tanpa perlu instalasi applikasi tambahan.Cara ini sangat disarankan buat sobat yang ingin membeli perangkat android second,dan membutuhkan hasilnya saat itu juga,cara ini mirip waktu masih era feature phone.

Berikut ini kode kode Rahasia untuk pengujian di Android

1.*#06# adalah kode untuk cek imei

2.*#*#0*#*#* LCD Test.
Kode ini memiliki fungsi utama untuk memeriksa layar. Setelah menekan kode ini akan muncul beberapa tombol pilihan red, green, blue, receiver (white), vibration (black), dimming, megacam, sensor, touch, sleepmode, speaker, dan sub key.

3.*#2664#
Kode ini juga untuk memeriksa layar. Setelah menekan kode layar akan berubah menjadi hitam, sentuh layar dan gerak-gerakkan, garis merah akan muncul. Apabila sobat  menarik garis dan ada yang putus, berarti ada masalah dengan layar ponsel.

4.*#2663# Touch screen version.
Pada menu ini terdapat info touch screen firmwire version, dan pilihan untuk update secara online.

5.*#0673# Melody Test.
Kode ini untuk memeriksa speaker. Setelah menekan kode ini akan muncul tombol pilihan Speaker_on, Receiver_on, Headset_on Left, Headset_on Right, Receiver_Headset_on Left, Receiver_Headset_on Right, OFF, dan EXIT.

6.*#0842# Device test.
Kode ini untuk memeriksa kemampuan getaran ponsel. Pada menu ini akan ada beberapa tombol On, Off, Auto untuk mencoba mode getar ponsel.

7.*#*#4636#*#* Testing.
Kode ini berisi menu informasi handset, informasi baterai, menampilkan stastitik penggunaan ponsel dan aplikasi. Juga bisa diketahui informasi tentang WiFi.

8.*#232337# Bluetooth test.
Setelah memasukkan kode ini akan tampil Bluetooth device address.

9.*#44336# Version.
Menampilkan informasi versi firmwire ponsel, waktu pembuatan ponsel, dan changelist.


Menggunakan aplikasi Z Device Test
Menggunakan Applikasi ini merupakan cara yang lebih baik ,karena informasi yang kita dapatkan jauh lebih lengkap dan mudah.sebagai orang awam applikasi ini memiliki tampilan yang mudah digunakan atau userfriendly,karena perangkat yang ingi diuji ditampilkan dalam bentuk icon icon yang menarik.Applikasi ini bisa sobat ambil di Playstore dengan Gratis.Applikasi ini berukuran 3MB dan telah mendukung Android versi 3.0 Keatas

Memang banyak sekali developer yang membuat sebuah aplikasi untuk digunakan sobat yang ingin melakukan Test Hardware Android. Tapi, aplikasi ini dinilai lebih bisa dipercaya karena dapat memberikan informasi yang lengkap dan akurat

Kamera
Di dalam aplikasi Pengujian Hardware Android ini, Sobat bisa melakukan pengecekan kamera yang ada di dalam perangkat. Melalui salah satu fitur dalam Z Device Test, Sobat bisa mengecek kamera belakang mulai dari besaran piksel yang didukung kamera tersebut sampai fitur apa saja yang disematkan pada kamera belakang. Selain itu, Sobat juga bisa mengecek kamera depan mulai dari ukuran sampai kualitasnya. Tapi jika perangkat smartphone atau tablet sobat tidak dilengkapi fitur kamera, sobat bisa melewat pengecekan ini.

GPS
Sobat pun bisa melakukan pengecekan GPS menggunakan aplikasi Test Hardware Android, Z Device Test ini. Sobat bisa mengecek status GPS, tingkat akurasi penguncian sebuah lokasi dan menguji bagaimana akurasi GPS yang tertanam pada perangkat Android Sobat.

Wi-Fi
Selain GPS, Sobat bisa mengecek juga kualitas Wi-Fi dalam perangkat Sobat. Status Wi-Fi bisa dilakukan pengujian melalui fitur dalam Z Device Test ini. Selain itu, terlihat juga informasi mengenai status jaringan Wi-Fi yang sedang digunakan.

Bluetooth
Fitur konektivitas Bluetooth juga bisa dicek melalui aplikasi Test Hardware Android ini. Sobat bisa mengecek status Bluetooth apakah dapat berjalan normal atau terjadi sebuah kerusakan.


Selain dapat melakukan pengecekan fitur di atas, aplikasi Test Hardware Android ini juga mendukung Sobat untuk mengecek fitur lainnya. Jadi, sebelum Sobat membeli perangkat Android, pastikan Sobat melakukan pengetesan agar semua fitur yang ada berfungsi dengan baik dan tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Selamat mencoba!
Share

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2015 Menimbang sebelum memutuskan
Distributed By My Blogger Themes | Modified by 'Author'