Tuesday, November 3, 2015

Membedakan Baterai Li-Ion Vs Li-po,mana yang lebih baik ?

Pernahkah anda memikirkan jenis beterai apa yang akan jadi pertimbangan saat akan membeli gadget baru.saya yakin ada banyak pengguna gadget yang tidak menyadari kalau saat ini ada dua tipe baterai yang biasa digunakan didalamnya.kebanyakan tidak memperhatikan hal ini,karena kita lebih fokus melihat dari sisi besaran Mah nya saja.

Saat ini ada Dua tipe baterai yakni Li-Ion dan Li-Po. Li-Ion merupakan kependekan nama dari Lithium Ion, sedangkan Li-Po kependekan nama dari Lithium Ion Polymer. Sebelumnya Laptop biasanya menggunakan beterai jenis Li- po , namun kini produsen telah beralih menggunakan baterai Li-Ion kerena beberapa alasan di dalamnya.

Apa saja yang menjadi perbedaan baterai Li-Ion dan Li-Po?  Li-Ion memeliki keistimewaan yakni tidak mengandung zat berbahaya namun sangat mudah terbakar (meledak) jika terkena api. keunggulan lain dari Baterai Li-Ion seperti diantaranya adalah harga murah, perawatan mudah, baterai mudah dilepas, mampu menampung energi yang banyak hingga memiliki cycle (siklus) charge yang cukup banyak sekitar 1000 cycle

Tetapi kekurangan dari baterai Li-Ion dibandingkan Li-Po adalah ketika siklus charge miliknya semakin berkurang maka kemampuan menyimpan energi listrik pun semakin menurun sehingga bisa dibilang baterai semakin boros, tidak tahan suhu tinggi apalagi api, semakin besar kapasitas energi yang ditampung maka semakin besar juga ukuran baterainya.

 Keunggulan baterai Li-Po dibandingkan baterai Li-Ion adalah beratnya yang ringan, bentuk yang fleksibel dan tipis, ramah lingkungan serta daya tahan yang lama. sedangkan kekurangan dari baterai Li-Po adalah baterai yang tidak mudah diganti, harga mahal, dan sulit ditemui di pasaran serta hanya dapat menampung sedikit daya.

Nah itulah beberapa keunggulan dan kekurangannya dari masing masing jenis baterai baik itu  Li-Ion ataupun Li-Po, seperti daya tampung, berat, perawatan, hingga daya tahan baterai tersebut. kini anda bisa  menentukan, mana yang lebih baik

Related Posts

Membedakan Baterai Li-Ion Vs Li-po,mana yang lebih baik ?
4/ 5
Oleh